PUG: Si Pesek yang Lucu

Pug-herbafit

Herbafit: anjing pug trivia

Siapa yang tidak mengenal jenis anjing kecil yang sangat imut ini? Ya, ini dia anjing dengan ciri hidung yang sangat khas, Pug. Ada beberapa orang yang sangat menyukai anjing jenis ini karena memang wajahnya sangat unik. Hidung pesek, badan mungil dan cenderung kotak membuat anjing ini terlihat sangat menggemaskan. Kepalanya yang bulat terlihat sangat pendek dengan bagian wajah dan moncong yang seperti kotak. Tai lalat di bagian pipinya sering kali membuat anjing ini terlihat lebih manis. Aning Pug memiliki mata yang sangat gelap dan besar. Sementara itu kupingnya berbentuk tipis dengan agak melancip di bagian bawah. Wajahnya yang lebar seperti terlihat terlipat-lipat. Bagian ekornya melengkung di bagian belakang dengan sesekali membentuk dua bagian lekukan.

Para penyuka Pug pasti sudah tahu persis bagaimana kebiasaan dari anjing ini. Namun jika kamu adalah salah seorang yang baru saja menyukai jenis anjing Pug, jangan khawatir, kali ini kita akan coba kupas beberapa hal penting sebagai kebiasaan yang sering ditemui pada anjing Pug.

Pug biasanya menjadi anjing yang aktif dan bersemangat, dia akan sangat gembira untuk diajak bermain dan berjalan-jalan. Dengan sifatnya yang menyenangkan, Pug banyak disukai juga karena sifat setianya. Dia juga bisa sangat suka menunjukan kasih sayangnya kepada saudara-saudara atau keluarganya. Karena sifatnya yang sangat suka bermain, anjing jenis ini tentu akan sangat sering membuatmu tertawa. Dengan kecerdasan yang tinggi, Pug bisa menjadi cepat bosan jika tidak diimbangi dengan macam-macam traning yang beragam.

Anjing jenis ini akan menjadi lebih agresif jika dia merasakan dirinya memiliki kekuatan yang lebih besar dibandingkan dengan orang-orang yang sedang mengelilinginya. Pug juga sensitive terhadap sinyal suara, terutama jika itu merupakan perintah yang kasar atau hukuman. Mereka biasanya membutuhkan pemilik yang calm namun tetap memberikan mereka aturan dan kedisiplinan. Pug adalah anjing penjaga yang baik, dan bisa dikatakan sangat bisa diandalkan. Pug juga biasanya bisa bergaul baik dengan anjing lainnya atau dengan hewan peliharaan lain. Nah, ini cocok dengan kamu yang memiliki jenis hewan peliharaan yang banyak di rumah. Pug juga biasanya sangat ramah dengan pengunjung, dia bisa bermain dengan anak-anak tanpa membuat anak-anak merasa takut. Ketika mendapati kondisi dimana tidak  ada pemimpin manusia yang menurutnya lebih kuat, Pug akan mulai menunjukan sifat anjing berkuasanya yang khas. Dia akan tiba-tiba melindungi beberapa bagian dalam rumah kamu seperti makanan, mainan, atau titik-titik lain yang dianggapnya penting. Kebiasaan ini bisa dirubah jika kamu bisa menunjukan kepemimpinan yang baik.

Jika saat ini kamu sedang memelihara Pug, berhati-hatilah dalam menjaga kesehatan anjing ini. Dia bisa sangat mudah terkena flu dan merasa stress karena air panas atau dingin. Dia juga rentan dengan alergi karena bagian moncongnya yang pendek berpengaruh pada kemungkinan munculnya masalah pernafasan yang kronis. Pug juga sering mengalami masalah kulit atau tumor terutama mast cell tumor. Pug juga bisa terkena Pug Dog Encephalitis (PDE) pada usia sekitar dua atau tiga tahun, dimana penyebabnya sering tidak diketahui. Satu catatan penting untuk pemelihara Pug, jangan memberi makan Pug berlebihan, karena dia sangat mudah mengalami obesitas, dan itu akan membuat waktu hidupnya menjadi lebih pendek.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *