Mengapa bulu kucing mudah rontok?

buku kucing rontok, vitamin kucing, herbafit

buku kucing rontok, vitamin kucing, herbafitSebagai pemilik kucing kesayangan, kamu pasti mengeluhkan bulu kucing selalu rontok. Bulu kucing yang rontok tidak hanya akan mengotori rumah, tetapi juga mengurangi kecantikan kucing, perlahan tapi pasti. Kerontokan bulu pada kucing itu normal, jika jumlahnya sedikit. Jika jumlahnya berlebih, bisa jadi ada kelainan atau gangguan kesehatan. Berikut alasan lain mengapa bulu kucing sering rontok.

Produk mandi yang salah

Pemakaian shampo yang salah menyebabkan bulu rambut kucing rontok. Oleh karena itu, jangan pilih shampo yang mempunyai busa cukup banyak biasanya terdapat kandungan detergen yang cukup tinggi.

Vitamin yang berlebih

Salah satu penyebab bulu rontok berasal juga dari kelebihan vitamin. Kelebihan vitamin ini juga dapat menyebabkan kulit kering, berkerak dan mengelupas. Solusi terbaik adalah memberi vitamin standar sesuai kebutuhan kucing.

Alergi

Kucing juga bisa mengalami alergi. Gejala ini menyebabkan kulit menjadi kotor dan pemicu bulu kucing rontok. Pemicu dari alergi biasanya: obat, valksin, parasite, dan bahkan makanan. Apabila alergi kucing Anda semakin parah segera bawa ke dokter hewan terdekat.

Gizi tidak terpenuhi

Kekurangan nutrisi dapat mempengaruhi kerontokan, seperti kekurangan vitamin A, E, dan protein. Protein sendiri memiliki peranan penting dalam metabolisme, protein sangat membantu pembentukan bulu pada kucing.

Gangguan hormon

Gangguan produksi pada beberapa hormon juga dapat mempengaruhi keadaan kulit dan bulu. Salah satu gejala yang paling jelas adalah kebotakan yang bersifat simetris pada kedua sisi tubuh akibat gangguan pada kelenjar adrenal sebagai bagian tubuh yang memproduksi hormon.

Kekurangan nutrisi

Kucing biasanya memerlukan makanan dengan kandungan protein minimal 30%. Jika kucing mengonsumsi protein kurang dari itu, maka mereka memerlukan vitamin dan nutrisi lain agar tetap sehat dan keadaan kulit dan bulu terjaga. Makanan kucing komersial yang relatif murah biasanya mempunyai kandungan protein yang rendah dan tidak mengandung berbagai vitamin dan nutrisi tambahan yang diperlukan kucing. Solusinya adalah dengan mencampur makanan lengkap dan seimbang nutrisinya.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *