Poodle, Sahabat Manis yang Pintar

Poodle, Sahabat Manis yang Pintar

poodle 2

Bermain dengan hewan kesayangan memang menjadi waktu yang menyenangkan di sela-sela kesibukan harian kita. Mengamati tingkahnya yang lucu, mengajaknya jalan-jalan, atau sekedar bermain di halaman rumah, pasti membantu menghilangkan stress setelah bekerja dan beraktivitas. Apalagi jika hewan kesayangan kita adalah binatang lucu yang satu ini, ya…Poodle! Siapa yang tidak mengenal jenis anjing yang sangat terkenal ini. Poodle, Sahabat Manis yang Pintar.

 

Banyak orang yang menyukai bulunya yang lebat dan menggemaskan. Secara umum anjing Poodle bisa tumbuh dengan ukuran medium sampai besar. Ketika dimandikan, anjing dengan ukuran standar akan terlihat memiliki bentuk tubuh yang bisa dikatakan kotak. Maksudnya ada kesamaan ukuran antara panjang dan tinggi ketika membungkuk. Kepala Poodle biasanya berbentuk bulat dengan sedikit melancip di bagian muka. Bagian moncong biasanya berbentuk panjang dan lurus. Mata Poodle yang berbentuk oval biasanya berwarna gelap, antara hitam atau coklat. Bagian telinga menggantung dekat kepala dengan bentuk yang panjang dan lurus. Kedua kaki baik depan maupun belakang biasanya berukuran mengikuti besar badan Poodle itu sendiri. Ekor Poodle yang sering kali membuat binatang ini bertambah lucu memang cenderung melengkung keatas. Ekor inilah yang biasanya digunakan oleh anjing Poodle untuk menjaga keseimbangannya. Oleh karena itu mungkin kamu sering melihatnya bergerak naik hingga setinggi setengah badannya.

Bicara tentang Poodle, pasti kalian juga ingin mengenal sifat dari jenis anjing ini. Secara umum Poodle termasuk anjing yang periang, lincah dan mudah diatur. Anjing yang sangat pintar ini adalah salah satu anjing yang sangat mudah dilatih. Bahkan sebagian diantara mereka bisa juga dilatih untuk berburu. Namun biasanya Poodle dengan ukuran tubuh standar memiliki energy yang tidak begitu besar dan terkesan lebih calm dibandingkan dengan jenis Poodle dengan ukuran badan yang kecil. Poodle biasanya sangat sensitive dengan suara orang tertentu, oleh karena itu sangat wajar jika kamu menemukan anjing Poodle yang tidak mau mendengarkan perintahmu karena dia hanya mengingat suara dari pemiliknya. Jika pemiliknya sekalipun tidak didengarkan, artinya si anjing sedang menunjukan sifat bandelnya. Poodle termasuk tipe anjing yang memang tidak hidup diluar kandang, dia sangat suka berada di dekat pemiliknya dan cenderung tidak suka sendirian. Anjing Poodle biasanya sangat ramah sekalipun dengan orang asing, dan dia juga sangat suka dengan anak-anak. Mungkin itu alasannya mengapa banyak sekali orang yang menyukai jenis anjing ini.

Jika kamu berencana untuk memelihara anjing Poodle, ada beberapa catatan tentang kesehatan anjing jenis ini yang perlu kamu perhatikan. Mata berair, katarak, dan progressive retinal atrophy yang biasa ditemukan pada anjing Poodle bisa mengakibatkan kebutaan. Alergi dan beberapa jenis penyakit kulit juga sangat rentan dialami Poodle, biasanya ini diakibatkan oleh alergi terhadap shampoo atau pewarna (color reinforcer) yang digunakan pada bulu anjing. Selain itu hati-hati juga dengan penyakit infeksi pada telinganya. Terakhir, anjing Poodle biasanya rentan pada Von Willebrand’s Disease. Anjing Poodle yang berwarna coklat bisa berubah menjadi abu. Oleh karena itu sebaiknya memberi makan Poodle dua sampai tiga kali sehari dibandingkan hanya satu kali tapi dalam jumlah yang langsung besar.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *