6 Alasan Mengapa Kucing Suka Kencing Sembarangan

6 Alasan Mengapa Kucing Suka Kencing Sembarangan

cat-peePasti bertanya-tanya mengapa kucing suka kencing sembaran sehingga membuat jengkel pemilik hewannya. Kucing rumahan biasanya sudah terlatih untuk membuang air seni atau kotorannya di bak pasir yang kita sediakan, akan tetapi terkadang mereka masih kencing di luar tempat bak pasir. Kira-kira apa saja sih penyebabnya? Simak ulasan berikut, 6 alasan mengapa kucing suka kencing sembarangan.

Penanda teritori

Adalah alami kucing menandai wilayah kekuasaannya melalui kencing sembarangan. Kebiasaan ini biasanya terihat apabila kucing jantan baru datang ke lingkugan sekitar si kucing wanita. Hal ini dilakukan agar kucing baru tidak mengganggu wilayah tersebut

Banyaknya Cahaya Masuk

Beberapa kucing tidak mau kencing jika kotak pasir berada di tempat terlalu terang. Apabila cahaya yang masuk terlalu banyak, kotak pasir dapat dipindahkan ke area yang sedikit tertutup cahaya.

Area terlalu Ramai

Biasanya kucing cukup tergangung dengan lingkungan yang terlalu ramai. Tipikal kucing adalah tidak suka kebisingan. Maka, pindahkan kotak pasir apabila tempat ini berada di area yang banyak dilalui orang.

Kondisi Stres

Beberapa kucing sering kencing sembarangan karena stres yang disebabkan oleh kondisi yang tidak nyaman. Lebih baik, anda bawa kucing ada ke dokter apabila memperlihatkan tanda-tanda stress.

Terlalu Lembab

Kucing tidak menyukai area yang terlalu lembab, termasuk untuk buang air besar. Oleh karena itu, pastikan menempatkan kotak pasir di area kering namun tidak memiliki terlalu banyak cahaya agar mereka dapat kencing dengan tenang

Terserang Penyakit

Kucing yang sering sembarangan dengan frekuensi cukup banyak mungkin disebabkan oleh gangguan yang ada di dalam tubuhnya. Hal ini mungkin disebabkan karena iritasi saluran kemih, batu ginjal, hingga infeksi tertentu.

Nah setelah menyimak 6 alasan mengapa kucing suka kencing sembarangan, apakah kamu sudah paham masalah dan solusi mana yang paling tepat?

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *