Alasan dan Tips Mengatasi Anjing yang Suka Menggigit

Alasan dan Tips Mengatasi Anjing yang Suka Menggigit

anjing-suka-menggigit

Salah satu resiko memelihara anjing adalah digigit. Alasan mengapa anjing suka menggigit adalah naluri. Mereka memiliki naluri bertahan dan naluri kekuasaan. Lalu bagaimana menjadikan anjing kita penurut dan bersahabat bagi siapapun? Berikut adalah alasan dan tips mengatasi anjing yang suka menggigit.
Alasan anjing menggigit: Naluri bertahan dan kekuasaan
Naluri bertahan muncul saat si anjing menganggap ada satu ancaman terhadap dirinya. Awalnya anjing akan segera menghindar. Namun jika kondisi tidak memungkinkan mereka memilih melawan dengan mulut dan giginya. Agresivitas itu dapat dilunakkan melalui latihan dan adaptasi lingkungan. Pola latihan yang salah justru akan membuat anjing semakin agresif. Namun, dengan latihan yang benar, naluri primitif anjing untuk menggigit dapat dikurangi.
Alasan kedua anjing suka menggigit adalah naluri kekuasaan. Anjing merasa dirinya memiliki kekuatan dan kekuasaan. Mereka mengandalkan giginya utuk menunjukkan ketangguhan. Pada anjing penjaga yang sudah terlatih, mereka menunjukkan gigi sebagai alat gertakan saat ia menjaga rumah majikan atau wilayahnya. Perilaku tersebut juga dilakukan kepada anjing lain, kucing dan bahkan manusia untuk menunjukkkan dirinya berkuasa. Lalu apa yang bisa Anda lakukan? Berikut adalah tiga tips mengatasi anjing yang suka menggigit.
Tips pertama: Latihan fisik setiap hari
Semua anjing menyukai olah raga lho. Biasakanlah untuk mengajak mereka beraktifitas atau latihan rutin tiap hari, seperti berlari memutari kompleks. Selain untuk membuat badan bugar olah raga akan mengurangi energi anjing yang berlebihan. Anjing dengan energi berlebih yang tidak tersalurkan akan menjadi bandel dan susah diatur.
Tips kedua: Sosialisasi dengan manusia dan anjing lainnya
Ajaklah anjing Anda untuk bersosialisasi sejak dini, perkenalkan dia dengan anjing-anjing lain dan orang-orang disekitar Anda tinggal, termasuk kanak-kanak. Ajaklah anjing Anda nongkrong bareng “dog lovers”. Di beberapa kota juga sudah ada komunitas-komunitas “dog lovers” yang rutin bertemu tiap akhir pekan. Ia akan terbiasa hidup ditengah-tengah komunitas di mana ia tinggal dan akan merasa aman, percaya diri dan merasa tidak terancam. Hal ini akan meredam sifat agresif mereka. Anjing yang percaya diri tidak akan menggigit orang kecuali bila ia berada dalam posisi terancam atau terintimidasi.
Tips ketiga: Beri hadiah bagi perilaku baik mereka
Setiap kali ia melakukan baik seperti tidak mengganggu atau menuruti perintahmu berilah pujian dan “treats” kesukaannya. Jika suatu saat mereka menggigit dan kemudian ia menyesali dengan menjilat atau berusaha menghibur Anda, pujilah dan/atau beri hadiah. Mereka perlu diberi hadiah dan didorong untuk memberikan umpan balik yang positif, bukan berupa gigitan.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *