Begini Cara Profesional Trainer Merawat Anjing

cara merawat anjing lengkap

Siberian Husky, Golden Retriever, Shi Tzu, Alaskan Malamut, Doberman Pinscher, Pitbull, Rottweiler, Labrador, Chihuahua, Bulldog banyak sekali ras anjing yang biasa dipelihara oleh orang Indonesia seringkali membuat kita bingung, apakah metode perawatan yang selama ini kita lakukan sudah sesuai dengan tipe anjing kita atau belum. Hal ini menentukan keberhasilan kita menjadikan anjing tersebut sahabat kita atau malah sebaliknya. Ada cara merawat anjing yang harus kita lakukan dengan baik untuk menjadikan mereka sahabat. Apa saja itu?

Anjing itu lahir tidak dalam keadaan terlatih. Kita lah pelatihnya. Seperti apa kelakuan dia, sangat bergantung dari apa yang kita ajarkan dari hari pertama dia bergabung dengan keluarga kita

cara merawat anjing lengkap

Cara Merawat Anjing dengan Baik

Perlakuan Pertama: Masa Orientasi Anjing dalam Keluarga
Masa masa pengenalan anjing menjadi bagian baru dari keluarga kita ini menjadi masa yang sangat penting. Penting untuk diketahui bahwa anjing itu lahir tidak dalam keadaan terlatih. Kita lah pelatihnya. Seperti apa kelakuan dia, sangat bergantung dari apa yang kita ajarkan dari hari pertama dia bergabung dengan keluarga kita. Tentu ada perbedaan dalam melatih anjing dari anakan atau yang sudah dewasa.

Merawat Anak Anjing Sejak Lahir

Bayi adalah golden time, dimana kita bisa membiasakan apapun untuk membentuk sifatnya. Apa saja poin yang harus diperhatikan?

  • Pendidikan Karakter Anak Anjing
    Anakan anjing dapat mengetahui apa yang diharapkan oleh majikannya dengan mengamati perlakuan kita. Dia akan menganggap sesuatu itu baik bila kita mengapresiasi kelakuannya. Sebaliknya dia menjadi takut melakukan sesuatu bila sesuatu itu membuat kita marah. Latihlah anakan anjing anda dengan sering memberikan reward and punishment. Nantinya karakternya akan terbentuk dengan mengikuti pola ini. Contoh paling gampang adalah bagaimana melatih anak anjing bisa buang air di litter box? Sebagai pelatih, anda hanya perlu memberi arahan dan memberikan reward dan punishment setelahnya.
  • Berikan Nutrisi Seimbang Untuk Pertumbuhannya
    Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuatkan tempat makan dan minum serta melatihnya hanya makan dan minum dari tempat tersebut. Ini penting agar anjing tidak makan sembarangan. Berikutnya adalah memberikan protein, lemak dan mineral dalam jumlah yang cukup sesuai dengan jenis anjing ras kita. Terakhir adalah memberikan multivitamin untuk mendukung tumbuh kembang dan menjaga sistem imun anjing.
  • Perlakuan Perawatan Anjing Setelah dibeli dari Breeder
    Penting untuk mulai mengenalkan anjing dengan anggota keluarga kita, termasuk juga mengenalkan dengan anak kita sendiri. Anda juga perlu mengenalkan dengan rumah anda sebagai tempat barunya termasuk dengan anjing anjing tetangga. Perlu juga membuatkan kandang sebagai tempat privasi untuknya ketika sedang ingin menyendiri.

Terus cari tahu bagaimana tips tips merawat anjing dengan sering membaca artikel. Bila perlu lakukan juga konsultasi dengan dokter hewan

update informasi merawat anjing

penting untuk terus update informasi

Perawatan Anjing Lanjutan Setelah Masa Orientasi

Setelah melewati serangkaian pendidikan do and dont do serta orientasi di lingkungan rumah kita, masih ada perawatan lanjutan yang dibutuhkan oleh dogie kita. Cara merawat anjing berikutnya adalah:

  • Membiasakan Anjing Untuk di Grooming
    Kegunaannya adalah agar anjing terbiasa untuk hidup bersih. Ini penting agar dia tidak membawa penyakit pada keluarga kita. Anjing yang sudah terbiasa dan tidak rewel saat di grooming dapat memudahkan urusan kita.
  • Mengecek Kesehatan Secara Teratur
    Lebih baik mencegah daripada mengobati. Anda bisa mengecek kesehatan dogie kesayangan di dokter hewan langganan atau bisa juga dengan mengeceknya sendiri. Lakukan saja pengecekan untuk penyakit penyakit yang umum dijangkiti oleh anjing seperti sakit pencernaan serta pengecekan gigi dan mulut.

Selamat Bersabar dan Menikmati
Merawat seekor anjing membutuhkan kesabaran yang tinggi. Terus cari tahu bagaimana tips tips merawat anjing dengan sering membaca artikel. Bila perlu lakukan juga konsultasi dengan dokter hewan. Nantinya kita juga yang menikmati hasil memiliki anjing yang bisa menjadi sahabat setia.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *