5 Hal Penting Dalam Merawat Anjing Yang Sudah Tua

5 Hal Penting Dalam Merawat Anjing Yang Sudah Tua

Ketika anjing kesayang anda sudah mulai memasuki usia senja, banyak masalah kesehatan yang mungkin akan muncul. Merawat anjing yang sudah tua kemungkinan akan lebih sulit dibandingkan merawat anak anjing. Kapan anjing dikatakan sudah memasuki usia lanjut? Hal itu tergantung jenis anjing yang anda miliki. Anjing yang sangat besar seperti Great Dane, dikatakan mulai masuk usia tua ketika berumur sekitar 6 tahun. Sedangkan anjing kecil seperti Chihuahua atau Miniature Pinscher baru akan masuk kategori senior pada umur 9 – 10 tahun. Anjing dengan ukuran sedang seperti Golden retriever berada diantaranya, yaitu sekitar usia 8 tahunan. Pada saat anjing anda mulai memasuki kategori tua, anda harus bersiap-siap merubah cara perawatannya. Berikut adalah hal-hal penting yang harus anda perhatikan dalam merawat anjing tua.

Baca juga: Pentingnya Suplemen Dalam Merawat Anjing Hamil

Cara Merawat Anjing Yang Sudah Tua

Mengganti Makanannya

Masalah yang umumnya muncul pada anjing tua adalah masalah obesitas. Metabolisme anjing yang sudah tua akan menurun. Oleh karena itu, jangan menunggu sampai mereka menjadi obesitas atau muncul masalah pencernaan dulu. Begitu mulai memasuki usia senja, segera ganti jenis makanannya dengan kandungan kalorinya lebih rendah. Anda bisa mengurangi sedikit porsi makannya, karena anjing yang sudah mulai tidak produktif lagi biasanya tidak terlalu aktif seperti dulu. Semakin tua mereka akan semakin malas untuk bergerak dan lebih suka diam.

Menjaga Kesehatan Mulut Dan Gigi

Salah satu masalah umum yang sering muncul pada anjing senior adalah masalah gigi. Untuk menghindari atau meminimalisir masalah gigi ini, anda bisa membantu membersihkan giginya secara rutin. Anda bisa menggunakan sikat dan pasta gigi biasa. Menjaga kesehatan gigi adalah bagian yang cukup penting dari merawat anjing yang sudah tua.

Olahraga

Ciri anjing yang sudah memasuki usia senja adalah menurunnya produktifitas. Mereka yang biasanya aktif bermain dan berlari dengan lincah, akan mulai melambat dan cepat lelah. Tetapi, bukan berarti anda harus menghentikan kegiatan olah raga mereka. Tetaplah lakukan olahraga rutin seperti biasanya, tetapi porsinya agak dikurangi sedikit demi sedikit. Dengan tetap berolahraga, anjing anda akan tetap sehat dan bugar meski sudah tua.

Kunjungi Dokter Hewan Secara Rutin

Mulailah membuat jadwal kunjungan ke dokter hewan secara teratur. Misalkan, 6 – 12 bulan sekali ketika mulai memasuki kategori tua dan semakin sering dengan bertambahnya umur atau jika mempunyai masalah kesehatan.

Berikan Suplemen

Seperti halnya manusia, semakin tua semua fungsi organ dan sistem imun akan menurun. Dalam hal ini, pemberian suplemen akan sangat membantu sekali menjaga kekebalan tubuh anjing kesayangan. Namun, pemilihan suplemen anjing juga harus selektif untuk menghindari komplikasi yang ditimbulkan dari efek samping penggunaannya. Suplemen anjing yang terbuat dari bahan-bahan alami bisa menjadi pilihan anda. Contohnya adalah SuperJamu Herbafit. Suplemen seperti ini lebih aman dan tidak ada efek samping karena terbuat dari herbal alami. HerbaFit dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh anjing yang sudah tua sehingga tidak gampang sakit. Bagaimana mendapatkan multivitamin alami ini?

Anda bisa menghubungi nomor di bawah jika ingin memesannya.

Share

Comments

  1. […] Baca juga: 5 Hal Penting Dalam Merawat Anjing Yang Sudah Tua […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *