Cara Ini Ampuh Mencegah Penyakit Parvovirus Pada Anjing

Cara Ini Ampuh Mencegah Penyakit Parvovirus Pada Anjing

Penyakit Parvovirus pada anjing adalah penyakit yang sangat menular dan mematikan. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang mirip dengan virus penyebab distemper pada kucing. Sama seperti distemper, jenis virus ini menyerang usus, sel darah putih, otot jantung, dan sumsum tulang belakang. Virus Parvo ini terutama menyerang anjing dengan kekebalan tubuh yang lemah. Anak-anak anjing yang berumur enam minggu hingga enam bulan yang belum diberi vaksin juga sangat rentan terkena penyakit ini.

Baca juga: Ini Akibatnya Jika Sembarangan Memberi Antibiotik Pada Anjing

Cara Penyebaran Virus Parvo Anjing

Canin Parvovirus (CPV) merupakan salah satu penyakit yang penularannya sangat cepat. Selain itu, virus ini tergolong cukup kuat bertahan di lingkungan. Bahkan, terkadang kebal terhadap zat disinfektan. Virus ini bisa bertahan selama 1 sampai 12 bulan di lingkungan. Cara penyebarannya melalui feses, tempat tidur, pakaian, dan barang-barang yang telah terkontaminasi oleh virus ini.

Ciri-ciri Anjing Terkena Parvovirus

Gejala yang umum muncul pada penyakit Parvovirus pada anjing ini diantaranya muntah, lemas, demam, kehilangan nafsu makan dan diare. Karena virus ini menyerang saluran pencernaan, maka pada tingkat yang lebih jauh dimana usus sudah terinfeksi, maka anjing anda akan mengalami diare yang disertai darah.

Cara Mencegah Penyakit Parvovirus  Pada Anjing

Vaksinasi

Apabila anjing anda belum pernah di vaksin, segeralah bawalah dia ke dokter hewan. Jangan lupa untuk meminta dokter hewan memberikan vaksin Parvovirus ke dalam paket vaksinasi. Jika anda memiliki anak anjing, disarankan untuk memberinya vaksin begitu menginjak 6 – 8 bulan. Seperti yang dikatakan di atas, anak anjing yang belum divaksin sangat rentan sekali terinfeksi virus Parvo.

Jaga Kebersihan

Pastikan tempat poop, tempat makan dan minum, serta tempat tidur anjing kesayangan anda selalu dijaga kebersihannya. Apabila ada salah satu anjing anda yang ternyata didiagnosa penyakit Parvovirus pada anjing, segera pisahkan dari anjing lainnya. Ganti semua peralatan makan, minum, bahkan tempat tidur mereka. Jangan lupa juga membersihan tempat-tempat yang sering dilalui anjing anda dengan cairan disinfektan.

Konsultasi Ke Dokter Hewan

Jika anda menemukan ciri-ciri penyakit Parvovirus pada anjing kesayangan anda, segera bawa ke dokter hewan untuk diperiksa. Untuk pemeriksaan yang lebih akurat, dokter biasanya akan memeriksa sampel darah, urin, dan feses dari anjing anda. Pada cek darah, tingkat sel darah putih yang rendah dapat menjadi indikasi anjing anda positif menderita Canin Parvovirus.

Beri Multivitamin

Anda bisa membantu anjing anda agar tidak terkena penyakit Parvovirus adalah dengan memberinya multivitamin. Disarankan untuk memilih suplemen anjing yang terbuat dari bahan alami, seperti SuperJamu HerbaFit. Suplemen anjing alami lebih aman karena tanpa efek samping. HerbaFit juga mampu meningkatkan sistem imun pada anjing. Banyak owner anjing telah membuktikannya sendiri. Dengan sistem imun yang kuat, maka virus penyebab penyakit apapun akan sulit menyerang tubuh anjing kesayangan anda.

Anda bisa mendapatkan multivitamin HerbaFit ini dengan menghubungi nomor di bawah ini.

Share

Comments

  1. […] Baca juga: Cara Ini Ampuh Mencegah Penyakit Parvovirus Pada Anjing […]

  2. […] Baca juga: Cara Ini Ampuh Mencegah Penyakit Parvovirus Pada Anjing […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *