Kucing Anda Terkena Virus? Begini Cara Mencegahnya

Kucing Anda Terkena Virus? Begini Cara Mencegahnya

Penyakit pada kucing bisa disebabkan baik oleh bakteri atau pun virus. Keduanya bisa sama-sama menimbulkan infeksi. Namun, biasanya penyakit yang muncul akibat virus lebih susah disembuhkan daripada bakteri. Selain itu, virus dapat bertahan dalam jangka waktu sangat lama. Misalnya, virus Panleukopenia yang bisa hidup di lingkungan hingga satu tahun. Contoh yang paling umum dari penyakit kucing yang disebabkan oleh virus adalah distemper dan Feline Calici Virus. Virus Panleukopenia atau lebih populer dengan sebutan distemper kucing adalah yang paling ditakuti oleh pemilik kucing karena cukup mematikan dan sangat menular. Selain distemper, Feline Immunodeficiecy Virus (FIV) juga sangat mematikan. FIV ini menyerang dan melemahkan sistem imun kucing.

Baca juga: Kucing Anda Terkena Hepatitis? Begini Cara Mengobatinya

Cara Mencegah Kucing Terkena Virus

Vaksinasi

Virus paling mudah menyerang anak kucing yang belum pernah divaksinasi. Oleh karenanya, bila anda memiliki anak kucing di rumah, segera agendakan untuk membawanya ke dokter hewan untuk diberi vaksin. Anak kucing umumnya sudah bisa divaksin sekitar umur 3 bulan. Konsultasikan dengan dokter hewan anda tentang vaksin distemper dan FIV, karena penyakit yang disebabkan oleh kedua jenis virus tersebut sangat berbahaya.

Jaga Kebersihan

Selain vaksin, untuk mencegah perkembangan virus di lingkungan tempat kucing tinggal, bersihkan area tersebut. Pastikan tempat poop mereka selalu bersih dengan membuang segera kotoran yang ada. Bersihkan dan ganti pasirnya jika sudah sangat basah karena banyak penyakit yang ditularkan dan berkembang melalui kotoran kucing. Cuci tempat tidurnya secara rutin, dan bersihkan tempat makan dan minumnya setiap hari.

Beri Multi Vitamin Kucing

Selain mudah menyerang kucing muda yang belum divaksin, virus juga lebih cepat berkembang di dalam tubuh kucing dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Pada saat perubahan musim biasanya imunitas kucing menurun. Untuk meningkatkan sistem imunnya, bisa dibantu dengan memberinya multivitamin agar keseimbangan nutrisi dalam tubuh kucing anda tetap terjaga. Meskipun makanan yang biasanya diberikan pada kucing anda mengandung nutrisi yang dibutuhkan kucing, namun pada saat-saat tertentu, pemberian suplemen tambahan sangat diperlukan.

Multi vitamin apa yang tidak hanya bagus, tetapi juga aman buat kucing kesayangan anda dan tanpa efek samping? Suplemen memang bisa meningkatkan sistem imun. Tetapi, terkadang zat yang terdapat pada vitamin tertentu bisa berbahaya terutama jika kucing anda tidak bisa mentolerir zat tersebut. Tetapi, hal itu tidak akan terjadi jika anda memilih suplemen kucing yang alami, yang terbuat dari bahan-bahan herbal dari alam. Salah satu suplemen alami yang terbaik adalah SuperJamu HerbaFit. Komposisi yang lengkap dari produk ini dapat membantu memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan kucing anda. Kandungan Curcuma xanthorrhiza dan Curcuma domestica yang terdapat dalam HerbaFit dapat membantu meredakan peradangan dan mempercepat penyembuhan pada kucing terkena virus.

Anda bisa menghubungi nomor di bawah untuk memesan atau bertanya seputar HerbaFit.

Share

Comments

  1. […] Baca juga: Kucing Anda Terkena Virus? Begini Cara Mencegahnya […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *